Rabu, 06 Februari 2013

Apa sih "MAC" itu?


Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.



Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks".

Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar.

Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix.
Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.  
 
 
Berikut Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan MAC: 

Beberapa kelebihan yang di miliki oleh Mac OS :

1) Mac OS Tidak mudah terkena virus.
Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga akan memperlambat Anda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.

2) High Performance.
Khususnya pada Mac OS X - dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac - dengan kecepatan yang menakjubkan.

3) User-friendly
Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.

Kekurangan yang di miliki oleh Mac OS :

1) Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS

2) Software di Mac OS tidak begitu lengkap
Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows.

3) Biayanya Mahal

4) Hanya berguna untuk graphic designer

5) Tidak dapat digunakan dalam waktu bersamaan

6) Softwarenya tidak lengkap dan tidak cocok bermain game karena tampilannya kurang bagus

Jadi, Mac OS tidak saja mempunyai kelebihan.Tetapi Mac OS juga mempunyai banyak kekurangan yang harus di perhatikan oleh pengguna nya.
 
NAMUN ADA BEBERAPA MITOS  YANG KELIRU TENTANG "MAC":

1. MAC itu Mahal
Sebenarnya ukuran mahal untuk sebuah mac adalah relatif. Untuk masyarakat umum yang menggunakan komputer untuk kegiatan ringan seperti mengetik atau pekerjaan umum lainnya, kebanyakan akan berpikir – menggunakan pc/laptop biasa yang harganya jauh dibawah mac saja sudah cukup mumpuni kok, kenapa harus memilih mac yang lebih mahal?
apple macbook pro
apple macbook pro
Sebenarnya mac menawarkan solusi biaya-efektif dan bisa dibilang lebih kepada investasi. Mac dirancang untuk produktivitas optimal dengan harga dan kinerja yang luar biasa. Jadi menggunakan mac, sama saja dengan menggunakan teknologi komputasi canggih yang inovatif yang kebanyakan belum ditemui di platform/vendor lain. Contohnya, macbook ada yang dibandrol seharga $1100. Harga tersebut sudah dibundling dengan salinan OS asli (MacOS) + iLife yang kalau ditotal kira2 lebih dari $200. Jadi harga macbook sendiri sekitar $900. Masih setara dengan laptop mid-end di pasaran bukan? Apalagi Mac OS merupakan os yang paling inovatif dan berkembang serta indahnyasangat luar biasa
2. Sulit Mencari Aplikasi Mac
Nah, yang kedua ini juga pernah saya rasakan sebelum mencicipi mac. Banyak yang beranggapan bahwa mencari aplikasi di mac itu sulit dan tidak semudah di windows. Padahal nyatanya di internet maupun app store, banyak sekali aplikasi mac baik yang gratis maupun berbayar. Yang gratis pun menurut saya banyak sekali. Selain itu, kebanyakan aplikasi di mac dibuat oleh para developer yang sangat menjunjung tinggi estetika dan pedoman dari apple. Yah, sebagian besar aplikasi di mac selain powerful, juga memiliki interface/tampilan yang sangat indah dan mudah sekali untuk digunakan.
3. Tidak Ada Aplikasi/Software Bajakan di Mac
Hal ini biasanya ditanyakan oleh para maniak windows yang sering mengunduh/ menggunakan aplikasi bajakan/crack atau apalah istilahnya. Di mac apakah ada aplikasi bajakan? Tentu saja, banyak juga kok yang tersebar luas di internet. Jadi untuk anda yang berbudget kecil, jangan berkecil hati. Karena kita masih dapat menggunakan berbagai macam aplikasi bajakan juga di mac. Walaupun sebenarnya ini sangat tidak saya anjurkan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar